TUGAS 1

Windah Ismijranti (20160302217)

Tugas (hal 7)


1. Hipotesis Asosiatif       
·  Ha : Ada hubungan frekuensi konseling gizi dengan kadar gula darah pada penderita DM
      tipe 2 di Puskesmas X.
·  Ho :Tidak ada hubungan frekuensi konseling gizi dengan kadar gula darah pada penderita
      DM tipe 2 di Puskesmas X.          

Variabel :
·        Konseling gizi, merupakan rangkaian proses pelayanan gizi yang berkesinambungan dimulai dari perencanaan diet, pelaksanaan konseling gizi hingga evaluasi rencana diet pasien. Konseling gizi dilakukan secara aktif sebanyak ≥ 3 kali, dan telah mengikuti konseling sejak pasien didiagnosis DM tipe 2. Penilaian konseling gizi dilihat dari sikap responden yang aktif mengikuti konseling gizi.

·   Glukosa darah, merupakan konsentrasi glukosa yang terdapat dalam darah dan    diukur dalam mg per 100 ml darah. Dalam keadaan normal glukosa darah dipertahankan dalam rentang 70-100 mg/dl atau 3,9-5,6 mmol/L.

2. Hipotesis Komparatif
·         Ha : ada perbedaan kadar Hb pada kelompok wanita vegetarian dan non vegetarian.
·         Ho : Tidak ada perbedaan kadar Hb pada kelompok wanita vegetarian dan non vegetarian.

Variabel :
·   Hb (hemoglobin), merupakan suatu protein yang berfungsi sebagai alat angkut  oksigen yang diukur dengan alat Hb meter. Adapun kriteria anemia pada wanita dewasa menurut WHO adalah 12-16 g/dL.
·     Vegetarian, merupakan pola makan yang sama sekali tidak mengkonsumsi daging, dengan atau tanpa susu (dan olahannya), keju, mentega, telur atau madu. Sampel yang akan dijadikan kriteria responden yaitu wanita berusia 17 tahun ke atas, tidak hamil, tidak sedang menderita penyakit kronis.




Komentar